Tips Usaha Cara Beternak Ayam Petelur

Wednesday, July 3rd 2013. | Bisnis

Tips Usaha Cara Beternak Ayam Petelur, Usaha pertanian ternak unggas seperti ayam sudah pasti pernah alami masa suram dikarenakan dampak yang ditimbulkan misalnya terkena flu burung. Banyak ayam mati secara mendadak, apalagi sebagian orang meninggal akibat penyakit ini. Perihal ini yang bikin sebagian usaha peternak di daerah pernah berhenti sesaat usahanya dikarenakan lesunya keinginan daging dan telur. Tetapi saat ini bersamaan makin bertambahnya wawasan masyarakat bagaimana cara mencegah timbulnya penyakit ini serta juga peran pemerintah dalam menangani problem ini, usaha ternak unggas kembali dapat bergairah.

Beternak Ayam Petelur

cara beternak ayam petelur

Berikut ini beberapa tips cara beternak ayam petelur

1. Area usaha / kandang

Area usaha untuk ayam petelur yaitu baiknya menentukan area / lokasi yang jauh dari tempat tinggal masyarakat namun tetap dapat dijangkau oleh kendaraan, agak sepi serta area mesti menetap. Pembuatan kandang ayam baiknya mencermati perihal berikut : dapat memperoleh cahaya matahari pagi dengan baik, sirkulasi udara lancar, tidak ada di antara bukit atau lembah yang menghalangi aliran udara, serta iklim tengah dengan suhu rata-rata 30-35°c.

Disamping itu pembuatan kandang, sarana yang harus dilengkapi yaitu : alas lantai yang dapat memiliki bahan kulit padi dengan pasir atau serutan kayu ; area bertelur ; area ayam bertengger, area ayam makan, minum, serta area grit. Siapkan juga penerangan yang cukup.

2. Penyiapan bibit

Bibit ayam petelur yang bagus memiliki tanda-tanda :

Lincah serta tidak cacat fisik, dan datang dari induk yang sehat. Bulu terlihat halus serta penuh dan pertumbuhannya baik. Ukuran badan normal, anak ayam memiliki nafsu makan baik. Ukuran berat badan pada 35-40 gram. Dan tak ada letakan/sisa tinja di duburnya. Harga bibit ayam petelur berfluktuasi, umumnya kisaran Rp. 3. 000 – 8. 000/ekor.

3. Persiapan pakan ternak

Ada beragam type pakan ternak, contohnya bisa berbentuk concentrate (konsentrat), crumble (butiran halus), mash (tepung), pellet (butiran). Ayam petelur sendiri umumnya memilki jenis pakan tersendiri sesuai dengan umurnya :

  • Pakan pre-starter merupakan pakan ternak yang didapatkan pada ayam petelur berusia hari pertama sampai ayam tersebut berusia 5 minggu.
  • Pakan starter diberikan pada ayam petelur berusia 6 minggu sampai ayam petelur tersebut berusia 10 minggu.
  • Pakan grower, diberikan pada ayam petelur berusia 11 minggu sampai ayam petelur tersebut membuahkan telur pertamanya.
  • Laying phase yakni makanan diberikan pada ayam petelur pada periode peneluran sampai akhir.

4. Harga pakan ternak petelur beragam macam bergantung type serta mereknya.

Bila ke3 hal pokok diatas sudah sahabat persiapkan (kandang serta fasilitasnya, bibit ayam, pakan ) maka anda telah dapat mengawali untuk jadi seorang wirausahawan. Supaya dapat meraih hasil optimal, anda mesti memiliki wawasan yang luas perihal seluk beluk ayam petelur. Di antara yang sangat penting yaitu pengetahuan perihal beragam type penyakit ayam petelur ( kolera, berak putih, pilek ayam, tetelo, parathyphoid, dan seterusnya ) serta bagaimana cara menanganinya ( penyuntikan vaksin, obat tetes, mencampurkan vit., efektifitas pakan, serta yang lain ). Bila perihal tersebut sudah sahabat punyai ditambah kekuatan memasarkan produk dengan luas, maka keuntungan tentu akan tiba berlipat ganda.

Demikian tips sebelum memulai beternak ayam petelur yang bisa takkasih.com berikan kepada pembaca setia, untuk ke depannya nantikan saja tips usaha yang lain bila ada saran dan kritik silakan di lontarkan aja di kotak komentar ya, selamat berkarya.

Incoming search terms:

cara beternak ayam petelur bagi pemulacara beternak ayam petelurcara ternak ayam petelurTERNAK AYAM PETELURbeternak ayam petelurcara ternak ayam petelur bagi pemulacara memelihara ayam petelurbudidaya ayam petelurcara merawat ayam petelurbudidaya ayam petelur untuk pemulacara berternak ayam petelurcara budidaya ayam petelurcara usaha ayam petelurayam petelurbeternak ayam petelur untuk pemulaternak ayam petelur untuk pemulacara berternak ayam petelur bagi pemulacara ternak ayam telurcara bisnis ayam petelurusaha ternak ayam petelurcara ternak ayam bertelurcara ternak ayam petelur untuk pemulacara ternak ayam petelorcara beternak ayam petelorberternak ayam petelurmodal ternak ayam petelurcara ternak ayam telorayam telurperawatan ayam petelurpeternakan ayam petelurternak ayam petelur pemulacara membuat kandang ayam petelurmodal awal ternak ayam petelurcara pelIhAra ayam petelurcara merawat ayam petelormerawat ayam petelurternak ayam petelorcara perawatan ayam petelurcara berternak ayam petelorcara beternak ayam bertelurcara berternak ayam bertelurbeternak ayam petelorCara memelihara ayam bertelurusaha ayam petelurusaha ayam petelur untuk pemulabisnis ayam petelur bagi pemulacara beternak ayam petelur untuk pemulaCara usaha ayam petelur bagi pemulacara berternak ayam telurtips usaha ayam petelur